Kepala BNP2TKI: KBRI Qatar cekatan tangani TKI

kepala badan nasional penempatan juga perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki), moh jumhur hidayat, memuji kedutaan besar ri (kbri) dalam qatar karena cekatan keluar dari masalah tki dan bekerja keras mengiklankan potensi tki di negara tersebut.

kbri qatar malahan sangat proaktif mengupayakan promosi tki formal dalam berbagai sektor perhatian dengan menggandeng pengguna perusahaan serta kelompok masyarakat agensi perekrut tenaga kerja asing. keuntungan ini tentu upaya signifikan ke arah penetrasi pasar kerja di qatar agar kaum tki formal berkualitas, ujar jumhur dalam yogyakarta, jumat.

ia menceritakan di kunjungan kerjanya di qatar, minggu-rabu (31 maret - 3 april) lalu, sudah menyaksikan langsung aspek penanganan tki dengan kbri di qatar dan termasuk baik dan terencana terutama selama menuntaskan setiap permasalahan tki plrt.

di bawah kewenangan duta besar ri pada qatar, deddy saiful hadi, tingkat permasalahan tki plrt yang mengadu ataupun dibuat tki kaburan ke kbri betul-betul memperoleh fokus serius, oleh karenanya persentasi para tki tak menumpuk pada shelter/penampungan kbri, jelas jumhur.

Baca Yang Lain: Jasa Pembuatan Toko Online - Website Toko Online Murah - Jasa Pembuatan Toko Online - Jasa Pembuatan Toko Online Murah

menurut dia sedikitnya 50 tki plrt pada setahun merupakan tki kaburan dan datang ke gedung kbri qatar, melalui beragam persoalan mulai gaji tidak dibayar, korban kekerasan fisik, pelecehan seksual, konsentari tak sesuai perjanjian kerja, akibat kasus pada info kerja/rumah majikan, sakit, serta sebagainya.

kbri qatar, papar jumhur, tak pernah mengabaikan kasus-kasus tki plrt dan terjadi selama negara tersebut. dengan itulah, jumlah tki bermasalah dalam kbri pun kerap teratasi di waktu singkat karena sudah ditangani melalui prosedur segeralah, sigap, juga efisien.

kbri qatar sangat peduli melalui semua masalah tki, tergolong aktif mengerjakan pemulangan para tki bermasalah ke tanah air jika harus melalui skema penyelesaian dalam tanah air, ujarnya.

sementara itu, pada melayani adanya para tki formal, kbri dipandang jumhur mampu berperan aktif dan komunikatif dengan penciptaan forum-forum kekeluargaan, karenanya tidak heran kbri qatar dibaratkan properti aman bagi para tki formal yang tersebar pada berbagai qatar.

berdasarkan data pusat penelitian, pengembangan, dan info (puslitfo) bnp2tki, sekitar 32 ribu tki berada pada qatar dengan ada besar terdiri tki plrt serta sisanya bekerja dalam perusahaan perminyakan, gas, keperawatan, hospitality, serta jasa keuangan.

jumhur menyatakan qatar sejauh ini berkembang pesat pada kemajuan teknologi, pembangunan infrastruktur, pusat bisnis, juga lebih istimewa dijadikan kawasan termaju di negara-negara teluk yang banyak pada timur sedang.

qatar berpenduk 1,8 juta jiwa dengan penduduk benar berkisar 350 ribu pihak, selebihnya mewakili kaum imigran seperti india, pakistan, asia, dan afrika. qatar juga negara melalui penghasilan perkapita tertinggi di dunia yakni 106.000 usd per tahun.

selain berkoordinasi dalam menangani permasalahan tki plrt melalui kbri qatar, jumhur juga meninjau kaum tki plrt bermasalah dan banyak dalam kbri, berdialog melalui para tki sektor formal meliputi kewajiban penggunaan kartu tenaga kerja luar negeri (ktkln) supaya semua tki, juga mengadakan sejumlah pertemuan melalui zat pemerintah, qatar chambers of commerce and industry, juga pihak agensi perekrut tenaga kerja asing guna memperluas usaha penempatan tki berkemampuan formal dalam qatar.