India optimis sengketa dengan China bisa diselesaikan

perdana menteri india manmohan singh, sabtu, menyampaikan ia yakin sengketa perbatasan menyangkut sebuah penampilan penyerbuan tentara china mampu diselesaikan, kata kantor berita press trust of india (pti).

itu adalah Salah satu masalah daerah, kami yakin itu bisa diselesaikan, tutur singh dan dikutip kantor berita itu sesudah tentara china dituduh memasuki daerah dan disengketakan pada ladakh awal bulan ini.

india juga china memiliki Satu perbatasan dan disengketakan, juga hubungan mereka sering terganggu dari perang perbatasan tahun 1962. penyerbuan dan dituduh tersebut merupakan Satu ketegangan baru antara dua negara asia dan bertetangga tersebut.

pernyataan singh itu dikemukakan setelah menteri pertahanan india shashi kant sharma menyampaian Salah satu catatan perihal insiden tersebut kepada pengawas parlemen, jumat, di mana media lokal menyampaikan ia menuduh tentara china memasuki hampir 20 kilometer ke dalam wilayah dan diklaim adalah teritori india.

Informasi Lainnya:

pernyataan perdana menteri itu, pertama yang disampaikannya tentang sengketa itu, mengulangi pernyataan-pernyataan kaum menteri pemerintah yang lain dan mengabaikan penyerbuan pada bagian barat wilayah ladakh dalam kashmir dan dikuasai india juga menegaskan masalah itu bisa diselesaikan secara damai.

kami sudah mempunyai Satu rencana, kami tidak mau memperbesar situasi tersebut, tutur singh, tanpa menjelaskan lebih jauh.

menurut kaum pejabat di new delhi, Salah satu peleton pasukan china membangun Salah satu kamp selama pada daerah india tersebut selama 15 april.

menteri luar negeri india salman khurshid awal pekan ini mengumumkan ia hendak bertolak ke china selama 8 mei, juga menyatakan kedua negara mempunyai kebutuhan bersama tak mengizinkan sengketa tersebut merusak hubungan telah mengalami kemajuan selama masa berlalu.

perundingan-perundingan tingkat perwira militer yang lebih rendah sejauh ini gagal mengatasi kemacetan di melaksanakan sengketa itu.