Ekonom: RON 90 efektif hemat subsidi BBM

pengadaan bahan bakar minyak dengan research octane number 90 sebagai pengganti premium, lebih efektif untuk menghemat subsidi bahan bakar minyak, papar pengamat ekonomi daripada universitas gadjah mada rimawan pradiptyo.

pengadaan bbm melalui research octane number (ron) 90 bisa merupakan pilihan yang efektif untuk menghemat hingga 50 persen subsidi bbm, disamping juga menampilkan mutu yang lebih bagus, katanya di yogyakarta, rabu.

rimawan menungkapkan meskipun dengan pengadaan bbm berkualitas selama atas premium (ron 88), serta di bawah pertamax (ron 92), juga mengakibatkan harga akan naik sampai adalah rp7.000.

namun, menurut dia, ini lebih efektif menghemat, daripada dilaksanakan pembatasan atau pembedaan harga.

Informasi Lainnya:

dengan pengadaan ron 90 pemerintah bisa menghemat sampai sekitar rp150 triliun, sementara kalau dilakukan kenaikan dengan pola membedakan konsumennya, hanya menghemat rp21 triliun, karena serta memerlukan biaya supervisi pengawasan, ujarnya.

menurut dia, Jawaban itu lebih efektif dibanding pemerintah mesti menaikkan harga untuk kendaraan atau mobil pribadi saja, dan pada akhirnya justru dapat menyebabkan konflik horisontal pada tingkat spbu.

ada rencana untuk menaikkan tarif bbm untuk kendaraan pribadi sekitar 30 persen, sementara motor dan mobil umum tetap rp4.500 per liter, tersebut artinya pemerintah mengerjakan price discrimination, yang justru berpotensi konflik selama tingkat spbu, ujarnya.