BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menungkapkan kiranya ratusan properti dalam kabupaten wonosobo serta kabupaten demak selama provinsi jawa tengah rusak sesudah diterjang angin puting beliung.

puting beliung dan kemudian disertai hujan deras menerjang wilayah selama kabupaten wonosobo serta kabupaten demak, provinsi jawa sedang selama selasa (9/4). catatan tetapi menyebutkan ratusan properti mengalami kerusakan, tutur kepala pusat data info juga humas bnpb sutopo purwo nugroho dalam jakarta, selasa.

dia menunjukan, di kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan juga desa banyumudal dan terletak dalam kecamatan sapuran selama selasa, pukul 13.30 wib.

data akan tetapi melaporkan kurang lebih 300 properti pada keadaan rusak tengah sampai rusak berat, katanya.

sejauh ini, tutur dia, upaya penanganan masih terkendala dengan listrik yang padam juga kondisi di lapangan yang terletak selama daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia menunjukan kiranya Satu desa terisolir akibat jalan menuju lokasi desa tersebut cukup berat.

selain itu, berdasarkan dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) di kabupaten wonosobo juga menyulitkan koordinasi antara pemerintah daerah setempat, tim sar, serta relawan di penanganan bencana.

namun, pendataan kepada kerusakan juga kerugian sampai ketika ini masih selalu dilakukan, tutur sutopo.

sementara itu, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung dan terjadi di kabupaten demak menerjang desa pilangrejo pada kecamatan wonosalam pada jam 15.20 wib.

sekitar 20 rumah mengalami kerusakan. bpbd demak masih selalu mengerjakan pendataan kerusakan juga kerugian, katanya.

sutopo juga menyampaikan bencana lain dan terjadi di jawa sedang selama selasa (9/4), yaitu dalam kabupaten kendal pada pukul 13.00 wib.

bencana dalam kendal itu tanah longsor di pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik tersebut pada desa campurjo, kecamatan boja, kendal hingga menimpa karyawan. akibatnya dua orang meninggal dunia dan enam pihak luka-luka, ungkapnya.

semua korban tersebut, kata sutopo, telah dievakuasi ke properti sakit permata medika dalam ngaliyan, semarang.