China sangat cemas pada Jepang dan Taiwan

china sangat takut sesudah jepang juga taiwan menandatangani perjanjian penangkapan ikan selama laut kurang lebih kelompok pulau bersengketa dalam laut china timur, yang jadi pusat konflik beijing dengan tokyo.

kami amat cemas pada jepang dan taiwan, yang membicarakan dan menandatangani perjanjian penangkapan ikan, kata juru bicara kementerian luar negeri china, hong lei, selama jumpa wartawan, selama beijing, rabu.

kami mengharapkan jepang dengan sungguh-sungguh menaati janji-janjinya tentang masalah taiwan dan bertindak hati-hati dan bisa, ujarnya.

jepang memiliki hubungan diplomatik hanya dengan china; juga mengakui taiwan untuk wilayah china, sementara negara itu mempertahankan hubungan ekonomi erat dan kebudayaan dengan taiwan.

Informasi Lainnya:

china juga taiwan mempunyai pemerintahan terpisah dari pasukan nasionalis dikalahkan dan lari ke pulau itu di akhir perang saudara melalui komunis selama 1949. china, apabila perlu akan mencari kekuatan militer agar membayarkan lagi taiwan dibawah kekuasaannya.

kendati china dalam umumnya senang pada taiwan menandatangani perjanjian-perjanjian perdagangan dan usaha melalui negara-negara lain tampaknya negara tersebut tidak setuju pada perjanjian-perjanjian dan mengatakan taiwan adalah Salah satu negara dan berdaulat.

jepang mencapai papar sepakat dengan taiwan supaya mengizinkan kapal-kapal nelayan taiwan beroperasi di bagian daripada zona ekslusif jepang selama sekitar pulau-pulau dan dipelajari jepang, sementara serta diklaim dengan china serta taiwan.